Semua Postingan Terbaru!

Beginilah Ciri² Toko Hp Online, Hati² Penipuan

Beginilah Ciri² Toko Hp Online
Jual beli hp secara online sekarang ini bukanlah hal yang sulit ditemukan. Menjamurnya sosial media seperti facebook, instagram dan toko online seperti tokopedia. Membuat masyarakat mudah untuk melakukan jual beli hp.
Namun jangan sampai kita lengah. Karena potensi adanya penipuan dalam dunia online sangat sering terjadi. Siapa saja dapat menjadi korban.
Menjadi penipu di dunia online juga cukup gampang. Cukup terima transferan dari korban lalu si penipu lari dengan memblokir akun korban. Tentu jangan sampai hal ini terjadi pada kita.
Maka dari itu diartikel ini akan dibahas mengenai Ciri – ciri toko hp online penipu yang harus kita waspadai

Harga yang ditawarkan terlampau murah

Ini trik yang sering dilakukan oleh toko hp online abal-abal. Memasang harga hape terlalu murah dari harga pasaran. Seringkali pembeli awam tergiur dengan hal seperti ini.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Biasanya toko online abal-abal akan memasang tarif tak masuk akal. Seperti membanderol sebuah iPhone tipe pro max yang harganya aslinya puluhan juta tapi hanya dijual dengan harga sejutaan.

Tidak Mau Di Kunjungi Tokonya

Toko online yang asli kebanyakan memiliki toko fisik yang bisa dikunjungi. Sekalipun tidak ada, pasti akan senang hati untuk melakukan cod dengan pembeli.
Toko online abal-abal tidak akan mau melakukan hal tersebut dan selalu mencari berbagai alasan agar tidak bertemu pembeli.

Akun Media Sosialnya tidak terkenal dan tampilan alakadarnya

Kebanyakan toko abal-abal memiliki jumlah pengikut yang sedikit. Dan tampilanya terkesan tidak profesional. Namun ada juga yang membuat akun kloningan dari toko hp online yang terkenal.
Teman-teman harus berhati-hati dan selalu cek dengan teliti. Karena penipu juga akan mencoba berbagai cara untuk mengelabui korbannya.

Tidak Mau mengirim foto dagangannya

Salah satu tips yang bisa digunakan untuk mengetahui keaslian toko hp online adalah dengan mencoba memintanya mengirim foto produknya disertai tulisan nama kita.
Walau ini terkesan simpel biasanya penipu tidak akan mau melakukan hal itu. Karena mereka sebenarnya tidak punya barangnya. Mereka pasti mencari alasan dan ujung-ujung mengatakan ” ya sudah kalo gak percaya”

Tidak Mau di ajak Video call

Tentunya penipu tidak akan pernah mau melakukan hal ini. Karena kedok yang ia gunakan bisa terungkap. Kebanyakan toko hp online abal-abal tidak punya produk yang dijual.
Jika teman-teman ingin membeli hp secara online. Jangan sungkan untuk meminta bukti keberadaan barangnya baik melalui foto atau video. Toko hp online yang jujur tidak akan keberatan melakukan hal tersebut.

Pengetahuan terhadap produk yang rendah

Banyak penipu yang sama sekali tidak mengetahui seluk beluk barang yang mereka jual. Mereka kebanyakan akan mengiyakan pernyataan apapun dari calon pembeli.
Sebelum membeli produk hp online. Coba saja mengetest penjual tentang seluk beluk hp. Mungkin dengan pertanyaan jebakan. Misal: ” kak apa iphone sudah ada androidnya ?” dan pertanyaan sejenis. Jika penjual mengiyakan bisa dipastikan dia adalah penipu.
Toko hp online yang baik pasti mengetahui seluk beluk informasi yang dia jual. Bila teman-teman menemui hal seperti ini lebih dihindari saja cari toko lain.

Tidak bisa mengirim barang saat transfer sudah dikirim

Ini adalah ciri paling jelas dari toko hp online penipu. Karena mereka sejatinya tidak punya barang. Alhasil mereka dengan berbagai alasan tidak bisa mengirim hp. Entah dengan alasan ditahan bea cukai, butuh biaya lagi dan lainya.
Pada akhirnya ketika kita menagih mereka akan memblok kontak kita agar tidak bisa dihubungi lagi.
Kesimpulannya didalam jual beli hp online kita harus berhati-hati dan mengecek kredibilitas toko. Jangan sampai kita tertipu karena iming-iming harga murah. Karena harga murah belum tentu jaminan hp akan sampai ke tempat kita.
Ahmad Nur Kabib
Jasa Remot Service, File Sakti, Aktivasi tool dan Masalah Software..
• ahmadservicecenter.com • Firmware27.com • Youtube • Hubungi Kami
Front end web developer at ASC Files Lovers
Follow me on Facebook
Posting Komentar